Friday, July 3, 2015

081322599149| Jual |DEFINISI MEMBRAN RO| RO MAMPET , MACET

DEFINISI MEMBRAN RO

Membran RO (Membran Reverse Osmosis) merupakan membran yang terbuat dari selaput semipermeable yang dapat diisi ulang yang berfungsi untuk menyaring atau memfilter air dari kandungan logam, virus atau bakteri sehingga menghasilkan air murni bebas dari pencemaran. Membran ini dapat menurunkan tds (total dissolved solids) karena mempunyai ukuran pemfilteran yang sangat halus yaitu mencapai 1/10.000 mikron atau setara dengan sehelai rambut di bagi satu juta.

Membran RO ini harus dimasukkan kedalam housing RO sesuai ukuranya. Biasanya setelah pemakaian 1 tahun membran RO ini harus diganti atau bisa lebih lama/cepat tergantung tingkat pemakaian dan kondisi air baku yang akan disaring.

Reverse Osmosis mampet / tersumbat, Reverse osmosis sudah biasa digunakan oleh negara negara maju untuk pengolahan air, baik air tawar,air laut,air sungai,dll. Dengan menggunakan membran dengan pori pori sebesar 0,0001 micron dan dorongan pompa Booster bertekanan tinggi,
menghasilkan air murni dengan kandungan mineral rendah dan TDS rata rata dibawah 10. Teknologi air RO dari penjual mesin air ini telah lama digunakan oleh negara negara maju untuk keperluan air bersih dan air minum.

MENGAPA MEMBRAN RO BUNTU/ MAMPET/ TIDAK LANCAR/DEBIT KECIL SEKALI

Ada beberapa penyebab mengapa membrane RO menjadi buntu atau air RO mengalir kecil, padahal waktu awal pasang aliran airnya besar sesuai kapasitas yang dibeli. Padahal sudah dirancang sebelum RO mengunakan WATER SOFTENER ( filter dengan media resin KATION DOWEX, PUROLITE, AMBERLITE , LEWATIT) ataupun DEMIN ( filter dengan media cation dan anion resin) . Tetap saja masih buntu, apalagi sebelum RO tidak ada perlakuan tersebut, baru 3 bulan sudah tidak mengalir.

1) Penyebab utama membrane RO buntu merupakan adanya zat kapur ( hardness) . Hitung kadar zat kapur di dalam air baku mengunakan HARDNESS TEST. Terdapat batasan jumlah hardnes yang diperbolehkan masuk ke membrane (171 ppm) . Jadi fungsi water softener harus benar-benar dijaga. Ketika hardness air tinggi harus segera diregenerasi dengan air garam .

Dan meskipun sudah memakai water softener , membrane ro nya yang baru di beli tetap buntu , ternyata water softenernya jarang di cuci dengan air garam (regenerasi)


2. KAPAN MEMBRAN RO DICUCI?
- Produk keluaran RO sudah turun ( ± 15 % ) dari awal pertama pasang.
- TDS produk naik dari awal pertama pasang.
rekomendasi: cuci membrane ro



3) Karena tekanan air baku tidak kencang (idealnya bertekanan 1-2 bar
AIR BAKU
RO merupakan menghasilkan 1 liter dari 4 liter air baku yang masuk Apabila air baku berkurang, maka air ro akan berkurang pula.

4) TEKANAN AIR BAKU
Selain kebutuhan air baku yang banyak, dibutuhkan juga tekanan air baku, untuk memaksimalkan kinerja pompa booster.

5) POMPA BOOSTER
Hal lain yang menentukan air RO merupakan tekanan booster pump. Tekanan ini beraneka ragam, tergantung kapasitas membranenya. Tekanan paling minimal merupakan 50psi – 225psi. Karena diameter membrane 0.0001 mikron, maka dibutuhkan kinerja booster pump yang baik.

6) POST CARBON
Ada aneka macam post carbon, yang beredar di pasaran. Salah satu penyebab air RO keluar dikit bahkan tidak keluar karena tersumbatnya post carbon maupun membekunya post carbon, yang menjadi seperti batu.

Coba anda buka selang sebelum post carbon, liat keluar air ro apakah sama atau lebih kencang
Kalau lebih kencang, maka anda perlu ganti post carbon, Kalau hasil sama saja, kemungkinan besar merupakan membrane nya yg perlu diganti

MEMBRANE
Diameter membrane RO merupakan 0.0001 mikron 500.000 x lebih kecil dari sehelai rambut, Jadi untuk membantu kinerja membrane, diperlukan :
•         Filter Media CARBON : Untuk menyaring besi, dll.
•         Filter Media RESIN / Ion Exchange : Untuk menyaring kapur / kesadahan / CaCo3.
•         Sedimen Filter 1 mikron : Untuk menyaring debu halus, pasir dan kotoran lain.
Memang ada beberapa daerah yang hanya cukup filter media carbon, bahkan tidak memerlukan filter media ini, karena kualitas air baku cukup bagus. Khusus untuk daerah yang banyak mengandung kapur, wajib sekali menggunakan Media Filter RESIN / Ion Exchange, tapi apabila kadar kapur tidak begitu banyak, maka Filter RESIN yang kecil saja cukup

Link Video  untuk Manganese Greensand:

https://www.youtube.com/watch?v=93J53OZm-kc

Link Vvideo untuk Karbon Aktif : https://www.youtube.com/watch?v=uQQV9Av7og4

Link Video Resin Kation Anion : https://www.youtube.com/watch?v=3NzvbIr71mA

Link video untuk Karbon Aktif : https://youtu.be/vF7wCgxz7l8

---------------------------------
CV ADY WATER

JL.Mande Raya No 26 Cikadut-Kota Bandung

JL.Bintara Jaya Raya no 8 ,Bekasi Barat

JL.Kemanggisan Pulo 1 No 6.,Palmerah-Jakarta Barat

Telpon/FAX:   022 -7238019

HP 0857 2352 9677 - 0813 2259 9149 - 0818 0906 4845 -     0821 4000 2080
PIN BB : 29D2DE88



No comments:

Post a Comment

Ady Water Jakarta

Penjelasan Pasir Silika/Kwarsa